Sunday, December 20, 2015

Perkenalan




Awal kata, ijin kan saya memperkenalkan diri, saya bekerja sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa lingkungan, terutama melayani industri-industri besar seperti Minyak dan Gas Bumi, Thermal Energy, dan juga untuk industri lainnya yang berhubungan dengan potensi kerusakan lingkungan hidup. lebih mudahnya saya dapat disebut sebagai seorang kuli minyak, karena perusahaan saya pada prinsipnya melayani dan mendukung industri minyak dalam beroperasi. 

Namun, pada blog ini, saya tidak banyak membahas tentang kantor saya, namun saya akan membagi pengalaman dari sudut pandang saya selama ini. barangkali pengalaman saya dapat bermanfaat untuk pihak-pihak yang memerlukan informasi, misalnya informasi tentang akses, fasilitas, pariwisata, dan akomodasi disuatu daerah. 

Juga informasi dasar untuk orang-orang yang belum berkesempatan melihat langsung bagaimana emas hitam didapatkan di rig-rig dan bagaimana kehidupan di dalam sebuah kilang minyak dan gas bumi. saya akan mencoba mengupas sedalam mungkin dari perspektif yang berbeda, jika anda mencari di google tentang minyak dan gas bumi, kemungkinan besar anda akan menemui literatur-literatur teknis yang penuh dengan diagram dan rumus-rumus, namun saya akan menyajikan perspektif sosial para pekerja dan masyarakat sekitar.

Pekerjaan menuntut saya untuk terus menerus siaga dan siap terjun kelapangan setiap saat diperlukan, sebagian besar tugas saya adalah melayani perusahaan-perusahaan migas, baik di sektor hulu maupun hilir. Hal ini membuat saya sangat sering menempuh perjalanan keliling Indonesia nan luas ini, baik melalui darat, laut, maupun udara atau kombinasi ketiganya (kadang ditambah jalan kaki juga hahaha ).

Dalam menuliskan memoar saya disini, saya akan flashback dulu ke beberapa tahun kebelakang, lalu maju terus sampai kelak saya akan menuliskan pengalaman terbaru di daerah yang baru.

Akhir kata, dengan segala kerendahan hati saya ucapkan selamat membaca, semoga ada manfaat dari tulisan sederhana ini bagi kita semua. segala kritik, saran, dan masukkan adalah hadiah paling berharga bagi saya.






No comments:

Post a Comment